IMG-LOGO
Trending Now:
Lingkungan

Lokalatih Lahirkan Asosiasi Dai Gambut

Jumat 27 April 2018 12:30 WIB
Lokalatih Lahirkan Asosiasi Dai Gambut
Wakil Katib PWNU Kalimantan Barat KH Ahmad Zamroni
Banjarmasin, NU Online
Lokalatih Peningkatan Kapasitas Dai Restorasi Gambut melahirkan perkumpulan dai gambut. Hal ini disampaikan oleh KH Ahmad Zamroni, salah satu peserta.

"Kami menginisiasi asosiasi dai gambut," kata Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat itu saat ditemui NU Online sebelum acara penutupan di Hotel Royal Jelita, Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Jumat (27/4).

Ia mengungkapkan bahwa asosiasi itu dibentuk agar para dai bisa berperan lebih aktif dan maksimal.

Wakil Katib Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat itu mengungkapkan bahwa acara lokalatih ini sangat strategis karena melibatkan para dai untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait pencegahan dan penanganan kerusakan lahan gambut.

Sebagai organisasi terbesar, menurutnya, Nahdliyin punya tanggung jawab besar untuk menjaga lingkungan.

"Tanggung jawab ini merupakan bentuk eksistensi sebagai khalifatullah fil ardl," ujarnya.

Kiai Zamroni berencana menyampaikan hal ini di majelis ta'lim dan mimbar khutbah. Ia juga akan menjelaskan apa yang telah ia peroleh dari lokalatih tersebut kepada para santri dan pelajar, baik di pesantren maupun madrasah. NU secara organisasi, menurutnya, tentu akan beriringan dengan pemerintah dalam hal penanggulangan bencana. 

Untuk pencegahan terhadap bencana lingkungan, langkah teknisnya sudah ia dapatkan, seperti membuat sekat kanal dan sumur bor.  Tetapi, kiai asal Malang itu menegaskan bahwa yang paling penting adalah kesadaran manusianya.

"Yang paling penting dari semua itu adalah manusianya yang terus disadarkan, dicerahkan. Tidak lagi melakukan pembukaan lahan dengan cara membakar," pungkasnya. (Syakir NF/Muiz)
Tags: