IMG-LOGO
Trending Now:
Lingkungan

Peserta Perwimanas II Lakukan Perawatan Pohon di Taman Nasional Gunung Merapi

Jumat 22 September 2017 8:29 WIB
Peserta Perwimanas II Lakukan Perawatan Pohon di Taman Nasional Gunung Merapi
Magelang, NU Online 
Para peserta Perwimanas II melakukan giat bakti perawatan pohon di Taman Nasional Gunung Merapi yang bertempat di Jurang Jero Magelang, Jawa Tengah.

Kegiatan penghijauan tersebut diawali dengan perawatan sejumlah pohon kecil seperti membersihkan gulma di sekitar pohon, menggemburkan tanah dan penyiraman air. Kemudian dilanjutkan dengan perbaikan aliran Sungai Tangsi.

Dedeh Suryati, salah satu panitia penanggung jawab giat bakti Perwimanas II menyampaikan bahwa pada awalnya akan dilakukan penanaman pohon, namun karena cuaca yang tidak mendukung, maka giat bakti terfokus pada pemeliharaan pohon-pohon di sekitar taman nasional. 

“Kegiatannya di sini perawatan pohon dan perbaikan aliran Sungai Tangsi, kita sebenarnya mengikuti perintah dari pihak taman nasional juga. Kalau untuk tanam pohon musimnya gak cocok,” ungkapnya, Rabu (20/9) kemarin.

Hal senada juga disampaikan oleh Sadria, salah satu pendamping dari garda SAR Magelang. “Kalau untuk tanam pohon cuacanya tidak mendukung karena tidak memasuki musim hujan. Musim hujan dimungkinkan di bulan November,” tambahnya. 

Kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan rasa cinta alam dalam diri para peserta, sebagaimana yang tercantum dalam poin kedua Dasa Dharma Pramuka “Cinta alam dan kasih sayang sesama manusia”. 

“Harapan saya, dari kegiatan ini adik-adik bisa menghargai alam. Karena kalau alamnya rusak, manusia dan hewan akan terkena imbasnya. Selain itu, supaya mereka bisa menghargai warisan dari para pendahulu untuk selalu merawat alam” ungkap Dedeh.

Diketahui, kegiatan bakti perawatan pohon di Taman Nasional Gunung Merapi akan berlangsung hingga akhir kegiatan Perwimanas II dan diikuti oleh lebih dari 6000 peserta dari berbagai daerah di Indonesia. (Ala/Fathoni)
Senin 27 Maret 2017 23:5 WIB
Nyatakan Solidaritas Kendeng, PMII Gorontalo Tolak Pabrik Semen
Nyatakan Solidaritas Kendeng, PMII Gorontalo Tolak Pabrik Semen
Gorontalo, NU Online
Penolakan berdirinya pabrik semen oleh masyarakat Kendeng, Rembang melahirkan simpati di berbagai daerah. Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia Kota Gorontalo (PMII Kota Gorontalo) ikut menggelar aksi solidaritas, Senin (27/3).

Aksi tersebut diikuti oleh beberapa organisasi kedaerahan yang ada di Gorontalo.

Koordinator Lapangan Yusuf mengatakan, ketidakadilan yang dihadapi oleh masyarakat Kendeng adalah tanggung jawab seluruh rakyat Indonesia.

Sebagai anak muda NU yang dibentuk oleh sejarah perjuangan panjang bangsa ini tentunya kami sadar betul bagaimana kemudian mengedepankan solidaritas dan toleransi. Kebangsaan, Keindonesiaan, Keislaman adalah tanggung jawab kami.

“Olehnya itu kami sangat merasa terpanggil untuk ikut menyuarakan apa yang diderita oleh masyarakat Kendeng," kata Yusuf. (Reza Fauzi/Alhafiz K)
Sabtu 25 Maret 2017 19:0 WIB
Berpihak Petani Kendeng, Fatayat NU: Pemerintah Harus Tuntaskan dengan Bijak
Berpihak Petani Kendeng, Fatayat NU: Pemerintah Harus Tuntaskan dengan Bijak
Jakarta, NU Online 
Ketua Umum Pimpinan Pusat Fayatat Nahdlatul Ulama Anggia Ermarini meminta pemerintah menyelesaikan secara bijak kasus pembangunan pabrik semen di Kendeng, Rembang, Jawa Tengah.

"Fatayat NU berpihak pada petani Kendeng," ungkapnya di kantor PBNU, Jakarta (24/3). 

Ia menambahkan, pemerintah harus merespon ini secara bijak. Karena ditangannyalah kewenangan dan perangkat detail yang dibutuhkan, sampai di tingkat paling bawah.  Selain itu, ia juga menyayangkan media maenstream yang enggan mengawal kasus ini.

"Mengenai demo penolakan pabrik semen yang telah dibatalkan MA ini, media mainstrem juga terkesan diam cari aman," tegasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Anggia berharap NU Online dapat menjadi media alternatif yang mau mengadvokasi isu-isu lokal yang berpihak kepada rakyat kecil. (Ahmad Naufa/Abdullah Alawi)


Rabu 9 November 2016 18:5 WIB
PBNU Apresiasi Kegigihan Warga Kendeng Pertahankan Tanah
PBNU Apresiasi Kegigihan Warga Kendeng Pertahankan Tanah
Jakarta, NU Online
Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) H Imam Aziz mendukung sikap masyarakat Kendeng yang mempertahankan tanahnya dari aktivitas besar-besaran alih fungsi lahan. Menurut Imam Aziz, sikap masyarakat Kendeng sudah sesuai dengan amanah Muktamar Ke-33 NU di Jombang 2015 lalu.

Demikian disampaikan H Imam Aziz dalam pertemuan nasional yang diselenggarakan Lakpesdam PBNU di Hotel Kartika Chandra Jalan Gatot Subroto Kav 18-20, Jakarta, Senin (7/11) siang.

Alih fungsi lahan subur ini menyebabkan dengan drastis menyempitnya lahan produktif para petani. Hal ini juga yang menjauhkan Indonesia dari swasembada pangan.

Putusan Muktamar Ke-33 NU di Jombang terkait dengan alih fungsi lahan produktif ini mengamanatkan kepada nahdliyin dan masyarakat Indonesia untuk sedapat mungkin mempertahankan tanahnya.

“Ini sikap kita meskipun beda pandangan dengan Pemda Jawa Tengah,” kata Imam Aziz di hadapan sedikitnya seratus hadirin.

Meskipun demikian semua kenyataan ini jangan dijadikan amunisi dan alasan kita untuk berbuat kekerasan dan pemaksaan. Warga NU tetap harus berpegang pada prinsip moderat atau tasamuh. (Alhafiz K)