Home Balitbang Kemenag Diktis Lingkungan Ketenagakerjaan Pertanian Parlemen Video Foto Download

Wakil Ketua DPR Apresiasi Tinggi Greysia-Apriyani Raih Emas Olimpiade Tokyo

Wakil Ketua DPR Apresiasi Tinggi Greysia-Apriyani Raih Emas Olimpiade Tokyo
Wakil Ketua DPR RI, Abdul Muhaimin Iskandar. (Foto: dok. FPKB)
Wakil Ketua DPR RI, Abdul Muhaimin Iskandar. (Foto: dok. FPKB)

Jakarta, NU Online

Pebulutangkis ganda putri kebanggaan Indonesia, Greysia Polii/Apriyani Rahayu mendapat apresiasi tinggi dari masyarakat Indonesia, tak terkecuali dari Wakil Ketua DPR RI, Abdul Muhaimin Iskandar. Greysia dan Apriyani berhasil meraih medali emas Olimpiade Tokyo 2020, Senin (2/8).


"Selamat untuk Greysia Polii/Apriyani Rahayu. Luar biasa, perjuangan yang hebat dan melelahkan tentunya. Tapi sudah mengharumkan nama Indonesia," ujar Gus Ami dalam keterangan tertulisnya, Senin (2/8).


Greysia/Apriyani sukses mengalahkan ganda putri China, Chen Qingchen/Jia Yi Fan dua gim langsung, 21-18 dan 21-15. Pertandingan itu berlangsung ketat di babak awal, namun ketenangan ganda putri Indonesia mampu meredam lawannya.


"Ini sejarah bagi ganda putri kita, Greysia/Apriyani, sebagai ganda putri Indonesia pertama yang mampu tampil di final Olimpiade dan menang. Sekali lagi terimakasih Gey dan Apri, Indonesia sungguh bangga kepada kalin," tegas Gus Ami.


Duet maut Greysia/Apriyani sukses membuat kejutan sejak awal dipasangkan dengan berhasil keluar sebagai juara Thailand Open Grand Prix Gold 2017 mengalahkan wakil tuan rumah, Chayanit Chaladchalam/Phataimas Muenwong, dalam dua gim langsung, 21-12 dan 21-12, dalam durasi 45 menit.


Lagi-lagi Greysia dan Apriyani membuat kejutan dengan menjuarai turnamen French Open Super Series 2017, merebut gelar juara setelah di final mengalahkan ganda kuat Korea Selatan, Lee So Hee/Shin Sheung Chan 21-17, 21-15.


Masih pada tahun yang sama, meski gagal menjadi juara, Greysia/Apriyani tetap bersyukur dengan posisi runner up dalam Hong Kong Open Super Series 2017. Pada tahun berikutnya, Greysia/Apriyani juga harus puas menjadi runner up Indonesia Masters 2018, setelah kalah pada babak final dari pasangan asal Jepang, Misaki Matsutomo/Ayaka Takahashi.


Tak patah semangat, pasangan tersebut berhasil menjuarai turnamen bulu tangkis India Open 2018, mengalahkan pasangan Thailand Jongkolphan Kititharakul/Rawinda Prajongjai.


Di awal tahun 2021, Greysia-Apriyani berhasil menjuarai turnamen Thailand Open Super 1000 pada 17 Januari 2021. Itu merupakan turnamen tur BWF level tertinggi yang berhasil mereka juarai untuk pertama kali dalam karir mereka.


Kini, prestasi tertinggi juga berhasil mereka torehkan dengan membawa bendera Merah Putih berkibar di ajang super bergengsi, Olimpiade Tokyo 2020 dengan mengalahkan pasangan ganda putri China.


Pewarta: Fathoni Ahmad

Posisi Bawah | Youtube NU Online