Home Balitbang Kemenag Diktis Lingkungan Ketenagakerjaan Pertanian Parlemen Video Foto Download

Ratusan WNA China Masuk Indonesia, Wakil Komisi II DPR: Ah, Embuh!

Ratusan WNA China Masuk Indonesia, Wakil Komisi II DPR: Ah, Embuh!
Wakil Ketua Komisi II DPR RI Luqman Hakim (Foto: istimewa)
Wakil Ketua Komisi II DPR RI Luqman Hakim (Foto: istimewa)

Jakarta, NU Online
Kedatangan 160 warga negara asing (WNA) asal Cina ke Indonesia melalui Bandara Soekarno-Hatta dengan menggunakan pesawat China Southern Airlines (charter flight) menjadi sorotan publik.  Di satu sisi pemerintah membuat kebijakan larangan mudik lebaran untuk mencegah terjadinya lonjakan kasus Covid-19, namun disisi lain justru ada WNA yang diperbolehkan masuk ke Indonesia. Apalagi belakangan diketahui bahwa dua di antara 160 WNA asal China tersebut ternyata positif Covid-19. Hal ini dinilai memunculkan ketidakadilan. 

 

Wakil Ketua Komisi II DPR RI Luqman Hakim, mempertanyakan sikap pemerintah yang cenderung abai dan terkesan cuci tangan. Luqman melalui akun twitternya @LuqmanBeeNKRI mengomentari penyataan Menparekraf Sandiaga Uno, yang menyebut kedatangan ratusan WNA tersebut murni bukan dalam lingkup pariwisata.

 

"Kalau tidak untuk pariwisata, apakah tidak ada peluang mereka membawa virus Covid-19 dan berpotensi menularkan?" tanya Luqman, Selasa (11/5).

 

Selain permasalahan penularan Covid-19, Anggota Parlemen Daerah Pemilihan Jawa Tengah VI itu juga menyinggung soal ketersediaan lapangan kerja. "WN China ke sini untuk kerja padahal di sini pengangguran tambah," ujar dia.

 

Lukman pun merasa heran dengan sikap pemerintah. Menurutnya, pemerintah harusnya lebih peka dalam mengambil kebijakan. Sebab, masuknya rombongan WNA ke Indonesia di tengah larangan mudik lebaran, pasti akan menimbulkan pertentangan di tengah masyarakat dan memunculkan persepsi publik bahwa kebijakan soal pencegahan penularan Covid-19 tidak berlaku secara adil dan menyeluruh. 

 

"Mudik untuk lebaran dilarang. Ah, embuh Pak Joko!" ketus Sekretaris Gerakan Sosial dan Kebencanaan DPP PKB ini.

 

Sejauh ini, warga negara asing asal (WNA) asal China terus berdatangan ke RI. Dilansir dari detikcom, sudah ada tiga kloter WN China yang sudah tiba di RI.

 

Pertama yakni sebanyak 85 WN China dan 3 WNI yang tiba pada Selasa (4/5/2021) pukul 14.55 Wib di Terminal 3 Kedatangan Internasional Bandara Soekarno-Hatta. Dari hasil pemeriksaan oleh Kemenkes, dua WN China positif Covid-19.

 

Kemudian kloter kedua ada 46 WN China kembali masuk ke Indonesia yakni pada Kamis (6/5). Setibanya di RI, 46 WN China ini langsung menjalani isolasi.

 

Selanjutnya kloter ketiga tiba lagi sebanyak 160 WN China. Mereka tiba pada Sabtu (8/5) pukul 05.00 Wib.

 

Kedatangan ratusan WNA China tersebut telah dibenarkan oleh Kabag Humas dan Umum Ditjen Imigrasi Arya Pradhana Anggakara. Dia menyebut 160 WNA China tersebut tiba pada Sabtu (8/5) pagi hari, sekitar pukul 05.00 Wib.

 

"Terkait kedatangan 160 WNA dengan pesawat China Southern Airlines CZ387 (regular flight) dari Guangzhou, RRT, di Bandara Soekarno-Hatta pada Sabtu (8/5/2021) pukul 05.00 WIB," kata Arya dalam keterangannya, Sabtu (8/5/).

 

Posisi Bawah | Youtube NU Online