Home Balitbang Kemenag Diktis Lingkungan Ketenagakerjaan Pertanian Parlemen Video Foto Download

Komisi IX: Seluruh Masyarakat Punya Kewajiban Sukseskan Vaksinasi

Komisi IX: Seluruh Masyarakat Punya Kewajiban Sukseskan Vaksinasi
Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Hj Nihayatul Wafiroh. (Foto: dpr.go.id)
Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Hj Nihayatul Wafiroh. (Foto: dpr.go.id)

Jakarta, NU Online

Vaksinasi menjadi program pemerintah yang tengah digalakkan demi meredam penyebaran virus Covid-19 yang sudah setahun menjadi pandemi ini.


Tak ayal, Wakil Ketua Komisi IX Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Hj Nihayatul Wafiroh menyampaikan bahwa progran vaksinasi merupakan kewajiban seluruh elemen masyarakat.


"Seluruh elemen dari masyarakat punya kewajiban mensukseskan vaksinasi ini," katanya sebagaimana diunggah melalui media sosialnya pada Jumat (22/1) setelah memimpin kunjungan spesifik Komisi IX DPR RI ke Bio Farma.


Kontribusi sederhana masyarakat dalam program vaksinasi adalah dengan tidak terbawa arus hoaks dan menyebarluaskannya.


"Salah satu yang simple bisa kita lakukan adalah dengan tidak termakan hoaks. Jangan sebarkan berita-berita yang anda tidak yakin kebenarannya," lanjutnya.


Karenanya, Ninik, sapaan akrabnya, juga mengatakan, masih butuh kerja keras untuk bisa memastikan seluruh rakyat Indonesia mendapatkan vaksin.


Sebab, penyediaan vaksin Sinovac yang saat ini dipilih dilakukan dengan dua cara, yakni (1) dengan membeli yang sudah jadi dari China dan (2) dengan membeli bahan bakunya, kemudian mengolahnya di Bio Farma.


"Untuk bahan baku sinovac yang sudah datang 15 juta dosis, dan saat ini yang sudah terolah 4 juta dosis," jelasnya.


Selain menggali informasi terkait progres penyediaan vaksin, ia juga mengaku berdiskusi tentang proses pendistribusian vaksin Sinovac yang dilakukan oleh Bio Farma.


"Yang tidak kalah penting kami mengecek proses produksi vaksin yang dilakukan oleh Bio Farma," ujar Anggota Parlemen Daerah Pemilihan Jawa Timur III itu.


Pewarta: Syakir NF

Editor: Fathoni Ahmad

Posisi Bawah | Youtube NU Online