Home Balitbang Kemenag Diktis Lingkungan Ketenagakerjaan Pertanian Parlemen Video Foto Download

BRG Tingkatkan Keterampilan Penjaga TMA di Sumatera Selatan

BRG Tingkatkan Keterampilan Penjaga TMA di Sumatera Selatan
Pertemuan BRG dengan seluruh penjaga Tinggi Muka Air (TMA) di Sumatera Selatan. (Foto: BRG)
Pertemuan BRG dengan seluruh penjaga Tinggi Muka Air (TMA) di Sumatera Selatan. (Foto: BRG)

Jakarta, NU Online

Badan Restorasi Gambut (BRG) RI melakukan pertemuan dengan seluruh penjaga Tinggi Muka Air (TMA) di Sumatera Selatan, Rabu-Jumat, 4-6 November 2020. Dalam pertemuan itu, seluruh penjaga TMA diberikan pelatihan khusus agar mampu meningkatkan keterampilan merawat dan menjaga TMA yang ada. 


Deputi Bidang Riset dan Pengembangan BRG RI, Haris Gunawan, mengatakan, tujuan kegiatan yang digelar BRG yakni untuk melakukan transfer pengetahuan terkait pemantauan tinggi muka air dengan menggunakan alat pemantau tinggi muka air telemetri. 


Selanjutnya, pertemuan juga untuk membekali para penjaga alat dengan pengetahuan dan keterampilan perawatan dan pemeliharaan alat secara rutin. Tak lupa, penyegaran pengetahuan bagi penjaga alat TMA yang sudah dipasang sejak 2017 sampai dengan 2019 menjadi point penting pada kegiatan ini. 


"Selain itu, kegiatan ini untuk pengembangan wawasan pengetahuan restorasi gambut," tuturnya kepada NU Online, Kamis (5/11). 

 

Haris Gunawan mengungkapkan, output pada pertemuan tersebut supaya para penjaga mempunyai kemampuan dan ketrampilan tinggi melakukan perawatan dan pemeliharaan alat TMA dari masalah yang sering terjadi.

 

Menurut dia, peningkatan pengetahuan para penjaga akan lahan gambut sangat penting kaitannya dengan pemantauan tinggi muka air dan pemasangan alat pemantau tinggi muka air. 

 

"Dan, output pada giat kali ini agar berkembangnya wawasan pengetahuan restorasi gambut kepada penjaga TMA," katanya. 

 

Haris menegaskan, narasumber yang dihadirkan untuk melatih para peserta adalah tim ahli BRG dan pakar gambut dari Institut Pertanian Bandung (IPB) dan Universitas Sriwijaya. 

 

Pewarta: Abdul Rahman Ahdori
Editor: Kendi Setiawa

BNI Mobile