Home Balitbang Kemenag Diktis Lingkungan Ketenagakerjaan Pertanian Parlemen Video Foto Download
PARLEMENTARIA

Wakil Ketua Banggar DPR RI Nilai Kekompakan Kunci Transformasi Pasca-Covid-19

Wakil Ketua Banggar DPR RI Nilai Kekompakan Kunci Transformasi Pasca-Covid-19
Wakil Ketua Badan Anggaran Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Cucun Ahmad Sjamsurijal. (Foto: Instagram @cucun_ahmad_syamsurrijal1)
Wakil Ketua Badan Anggaran Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Cucun Ahmad Sjamsurijal. (Foto: Instagram @cucun_ahmad_syamsurrijal1)

Jakarta, NU Online

Wakil Ketua Badan Anggaran Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Cucun Ahmad Sjamsurijal menyampaikan bahwa soliditas berperan penting dalam proses konsolidasi Indonesia menuju transformasi perubahan pasca Covid-19. 


Ia menilai perlu kekompakan dari seluruh anak bangsa untuk melakukan perbaikan internal di segala bidang, baik dalam sistem layanan kesehatan, sistem perizinan usaha, hingga perbaikan data kependudukan.


"Jika kita mampu melakukan transformasi menyeluruh baik di sektor kesehatan, ekonomi, dan sosial tersebut, maka saya yakin keinginan Presiden Jokowi agar Indonesia bisa mencuri start dan melakukan lompatan ekonomi pasca-Covid bukan mimpi kosong," katanya pada Jumat lalu sebagaimana dilansir pkb.id.


Menurutnya, kecepatan konsolidasi merupakan peluang menjadi langkah awal untuk lebih unggul dari negara-negara maju mengingat krisis multidimensi saat ini menimpa seluruh dunia.


"Ini merupakan peluang bagi kita untuk secara cepat melakukan konsolidasi agar kita bisa mencuri start untuk melompat menjadi negara maju," katanya.


Presiden, lanjut Cucun, menunjukkan bahwa di balik setiap krisis ada peluang yang bisa dimanfaatkan jika kompak dan jelas. Karenanya, wabah Covid-19 memang sangat berpengaruh negatif pada ketahanan kesehatan, pertumbuhan ekonomi dan ketahanan sosial bangsa Indonesia.


"Jumlah kasus positif Covid-19 terus bertambah, pertumbuhan ekonomi minus 3 persen, hingga munculnya banyak pengangguran akibat pemutusan hubungan kerja," katanya.


Karenanya, ia berharap ajakan Presiden Joko Widodo untuk memanfaatkan pandemi Covid-19 sebagai lompatan perubahan bisa membentuk kesadaran masyarakat untuk tetap optimis.


"Kami sangat mengapresiasi pidato kenegaraan Presiden Jokowi yang mengajak kita sebagai bangsa tetap berpikir optimistis di tengah beban berat akibat pandemi Covid-19," katanya.


Ketua Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (FPKB) itu melihat sejauh ini respons pemerintah terhadap dampak Covid-19 sudah di jalur benar. Pasalnya, pemerintah telah melakukan realokasi anggaran besar-besaran untuk menangani dampak Covid-19 baik untuk sektor kesehatan, penyaluran bantuan sosial sebagai jarring pengaman sosial, hingga stimulus usaha.


"Tentu kita berharap agar pandemi ini segera terkendali apalagi saat ini sudah ada uji klinis tahap III terhadap potensial vaksin Covid-19," pungkas Anggota Komisi III DPR RI itu.


Pewarta: Syakir NF

Editor: Fathoni Ahmad

Posisi Bawah | Youtube NU Online