Home Balitbang Kemenag Diktis Lingkungan Ketenagakerjaan Pertanian Parlemen Video Foto Download

Ikuti Diskusi Daring 'Literasi Perlindungan Gambut' Senin Besok

Ikuti Diskusi Daring 'Literasi Perlindungan Gambut' Senin Besok
BRG terus mengedukasi pengelolaan lahan gambut. (Foto: BRG)
BRG terus mengedukasi pengelolaan lahan gambut. (Foto: BRG)
Jakarta, NU Online
Menyambut Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang jatuh setiap tanggal 2 Mei, Badan Restorasi Gambut (BRG) menggelar Diskusi Online bertajuk Literasi Perlindungan Gambut, pada Senin (4/5) depan. Kegiatan itu dilakukan untuk memperkuat cinta lingkungan oleh masyarakat terutama mereka yang tinggal di kawasan lahan gambut. 
 
"BRG memandang penting untuk mendiskusikan strategi kebijakan dan aksi yang dapat memperluas dan menguatkan gerakan Literasi Gambut. Oleh karena itu, BRG mengadakan Forum Diskusi Online Literasi Perlindungan Gambut," tulis keterangan resmi yang dikirim BRG kepada NU Online, Jumat (1/5). 
 
Diskusi itu dibuka secara umum, dimulai pukul 10-00 pagi dan berakhir pada pukul 12.00 WIB siang. Diskusi tersebut merupakan kegiatan diskusi Daring BRG yang sudah dilangsungkan sebanyak tiga kali sejak Ramadhan 1441 H.  
Ada tujuh narasumber yang akan memaparkan materi dalam diskusi tersebut. Mereka adalah Kepala Pusat Penguatan Karakter pada Kemendikbud RI, Hendarman yang akan membahas Kebijakan Penguatan Karakter Cinta Lingkungan. 
 
Kepala Subpokja Edukasi, Sosialisasi & Pelatihan BRG, Deasy Efnidawesty, membahas tema Literasi Gambut bagi Siswa dan Mahasiswa. Lalu, Praktisi Pendidikan Lingkungan, Aulia Wijiasih memaparkan topik Pengalaman Penguatan Pendidikan Lingkungan.
 
Selanjutnya, Kepala SDN Suka Makmur, Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan, Armayen, menyampaikan Pengalaman Mengenalkan Ekosistem Gambut dalam Proses Belajar Mengajar. Sementara Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, H Suwarno Muriyat mengurai Implementasi Pendidikan Karakter Cinta Lingkungan untuk Pendidikan Dasar di Kabupaten Kapuas.
 
"Selanjutnya, pembicara ada diskusi ini yaitu Nabila Naisha Angraini, Siswa SDN Buantan Lestari, Kabupaten Siak, Provinsi Riau akan menyampaikan Kesan terhadap Pembelajaran Materi Ekosistem Gambut. Dan, Nadia Jessica Jonatan, Peserta Youth Camp 2019 dan Mahasiswa Institut Teknologi Bandung, akan membahas Kesan dan Pengalaman Memperluas Kecintaan pada Ekosistem Gambut. 
 
Kegiatan diskusi dilakukan melalui aplikasi Zoom, peserta dapat daftar terlebih dahulu melalui https://bit.ly/literasigambut. Masyarakat diharapkan dapat mengikuti dan mengambil semua ilmu yang nanti akan dipaparkan oleh para narasumber. 
 
Pewarta: Abdul Rahman Ahdori
Editor: Kendi Setiawan
Posisi Bawah | Youtube NU Online