IMG-LOGO
Lingkungan

Jumat Besok, BRG Diskusi Daring 'Dakwah Sejuk di Lahan Gambut' 

Kamis 23 April 2020 08:00 WIB
Jumat Besok, BRG Diskusi Daring 'Dakwah Sejuk di Lahan Gambut' 
Pengelolaan lahan gambut untuk pertanian dilakukan BRG di tujuh provinsi. (Foto: BRG)
Jakarta, NU Online
Badan Restorasi Gambut (BRG) menginisiasi pelaksanaan Diskusi Online bertajuk Dakwah Sejuk di Lahan Gambut pada Jumat (24/4) besok.
 
Forum tersebut sengaja dilangsungkan dalam rangka mendorong umat beragama dalam menjaga dan melestarikan alam terutama lahan gambut di 7 provinsi di Indonesia. 
 
"Badan Restorasi Gambut akan mengadakan Forum Diskusi Online dengan tema Dakwah Sejuk Di Lahan Gambut yang akan dilaksanakan pada hari Jumat, 24 April 2010 dari pukul 14:00-17:00 WIB," tulis akun instagram resmi BRG RI, Rabu (22/4). 
 
 
Lima narasumber dihadirkan pada diskusi yang akan diikuti ratusan umat beragama di Indonesia ini. Mereka adalah Kepala kelompok Kerja Edukasi Sosialisasi BRG, Suwignya Utama; Ketua Lembaga Pemuliaan Lingkungan Hidup dan Sumber Daya MUI, Hayu Susilo; dan Sekretaris Eksekutif Bidang Kesaksian. 
 
Berikutnya, Dari Gambut Desa Padekik Kabupaten Bangkalis, Riau, Ustadz Nur Azmi; Ketua Pusat Pengajian Islam Universita Nasional Jakarta, Fachrudin Mangunjaya; dan Keutuhan Ciptaan Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI), Pendeta Jimmy M Immanuel Sormin. 
 
Tiga tema khusus tentang perintah menjaga alam perspektif agama akan dibahas pada diskusi kali ini, yaitu Pendekatan Moral Keagamaan dalam Restorasi Gambut disampaikan oleh Suwignya Utama. 
 
Kemudian, Perspektif Ajaran Islam terhadap Pelestarian Lingkungan Hidup disampaikan oleh H Hayu Susilo; dan Perspektif Ajaran Kristen terhadap Pelestarian Lingkungan Hidup disampaikan oleh Pendeta Jimmy M Immanuel Sormin. 
 
Selanjutnya, materi Bagaimana Pelaksanaan dan Pembelajaran dari Dakwah Restorasi Lahan Gambut? disampaikan Ustad Nur Azmi. Adapun Model Pendekatan Moral Agama untuk Restorasi Gambut: Catatan Penelitian disampaikan oleh Fachrudin Mangunjaya. 
 
Bagi yang ingin bergabung daftar terlebih dahulu di laman web: https://bit.ly/forum-digital-dakwah-gambut. Diskusi tersebut akan disiarkan langsung melalui aplikasi zoom dan dapat diakses melalui telepon pintar atau leptop dan jenis komputer lain. 
 
"Forum diskusi online akan dilakukan melalui aplikasi Zoom. Harap untuk dapat mengundur dan menginstall di laptop/gadget Sobat. Pastikan eMail yang didaftarkan aktif karena Kami akan mengirimkan link ke email peserta satu hari sebelum diskusi dilakukan," tulis akun BRG melengkapi informasi. 
 
Pewarta: Abdul Rahman Ahdori
Editor: Kendi Setiawan

Baca Juga