IMG-LOGO
Trending Now:
Lingkungan

Kolaborasi PWNU Kalbar dan BRG Cegah Corona

Kamis 16 April 2020 12:00 WIB
Kolaborasi PWNU Kalbar dan BRG Cegah Corona
Satgas Cegah Covid-19 PWNU Kalbar bekerjasama dengan BRG. (Foto: istimewa)
Pontianak, NU Online
Badan Restorasi Gambut (BRG) dan Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Kalimantan Barat bersama-sama membantu masyarakat mencegah Covid-19. Upaya itu dilakukannya dengan mendirikan Posko Satgas NU Peduli Covid-19 di Kantor PWNU di Kota Pontianak, Kalbar.
 
Sekretaris Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Kalbar H Hasyim Hadrawi menuturkan, pandemi corona menjadi perhatian seluruh masyarakat dunia. Berbagai elemen diminta terlibat aktif melakukan sosialisasi dan pencegahan virus mematikan tersebut.
 
Karena itu PWNU Kalbar bersama Badan Restorasi Gambut (BRG) ikut serta terlibat dalam gerakan-gerakan sosial untuk membantu masyarkat.  
 
"BRG dan PWNU Kalbar ingin membantu pemerintah bersama-sama melakukan pencegahan virus Corona. Karena itulah kami membentuk Satgas NU Kalbar Peduli Covid-19," katanya melalui keterangan resmi yang diterima NU Online, Kamis (9/4). 
 
Ia menerangkan, pendirian Satgas NU Peduli oleh PWNU Kalbar sebelumnya sudah dibentuk pada 20 Maret lalu dan sudah melakukan gerakan-gerakan sosial. Namun, kegiatan sosial yang dilakukan bersama lembaga lain seperti BRG baru intens dilakukan awal bulan ini. 
 
"Kegiatan kami misalnya melakukan penyemprotan disinfektan ke masjid-masjid, pondok pesantren, kantor-kantor, hingga ke komplek perumahan," tuturnya. 

Selain itu, sejak dibuka Posko Covid-19 pihaknya banyak menerima permintaan langsung dari masyarakat untuk dapat disemprotkan disinfektan di lingkungannya masing-masing. Pihaknya pun langsung bergerak ke lapangan dan bahu membahu bersama masyarakat. 
 
Di tempat yang sama, Dinamisator Desa Peduli Gambut (DPG) Badan Restorasi Gambut Kalbar, Hermawansyah menjelaskan, program Desa Peduli Gambut (DPG) yang dilaksanakan di Kalbar berjalan dengan maksimal. Hal itu dapat dibuktikan dari sikap para relawan DPG di Desa-desa yang banyak melakukan kerjasama dengan kelompok masyarakat untuk membantu warga sekitar melakukan pencegahan Covid-19.
 
"Bahkan, beberapa fasilitator pendamping DPG kami juga terlibat sebagai relawan Satgas NU Kalbar Peduli Covid 19. Banyak di antara mereka juga anak-anak muda yang berlatarbelakang santri," ucapnya. 
 
Selanjutnya, Hermawansyah menegaskan, BRG dan Lembaga Pengembangan Pertanian Nahdlatul Ulama (LPP-NU) aktif mensosialisasikan pengembangan pertanian tanpa bakar berbasis pesantren. Hal itu dilangsungkan dalam rangka mengedukasi masyarakat agar tetap menjaga lingkungan dan kelestarian alam. 
 
Dia meyakini ketika kondisi alam yang sehat maka akan berdampak positif untuk masyarkat sebagai penghuni lingkungannya. Hermawansyah berharap apa yang telah dilakukannya dapat bermanfaat untuk kesehatan lingkungan warga. 
 
 
Pewarta: Abdul Rahman Ahdori 
Editor: Kendi Setiawan

Baca Juga