IMG-LOGO
Trending Now:
Ketenagakerjaan

Empat Tahapan Terbaik Belajar Siswa Politeknik Ketenagakerjaan

Jumat 2 Agustus 2019 23:00 WIB
Empat Tahapan Terbaik Belajar Siswa Politeknik Ketenagakerjaan
Staf Ahli Ekonomi dan SDM Kementerian Ketenagakerjaan Aris Wahyudi
Jakarta, NU Online
Politeknik Ketenagakerjaan Kementerian Ketenagakerjaan resmi menutup rangkaian selama enam hari masa pengenalan kehidupan kampus Mahasiswa baru (PKKMB) tahun akademik 2019/2020, bertempat di  Polteknaker, di Bekasi, Jawa Barat, Kamis (1/8).
 
Staf Ahli Ekonomi dan SDM Kementerian Ketenagakerjaan Aris Wahyudi mengapresiasi kepada Polteknaker yang telah melibatkan personel TNI, BNN, dan BNPT, dalam memberikan pembekalan motivasi maupun mental kepada para peserta didiknya.
 
"Tentu ini merupakan langkah antisipasi yang sangat baik agar kedepannya, peserta didik kita ini tidak terkontaminasi dengan radikalisme maupun obat- obatan terlarang," ungkap Aris.
 
Aris menyampaikan bahwa ada empat tahapan dalam pembelajaran yang dapat dijadikan sebagai modalitas bekal ke depannya. Keempat tahapan tersebut adalah, pertama, Learning to Know atau belajar untuk memahami secara mendalam ilmu-ilmu yang bersifat normatif atau teori di dalam perkuliahan.
 
"Kedua, Learning to Do, yakni bagaimana mengimplementasikan teori yang sudah didapat melalui praktik kerja," kata Aris.
 
Ketiga, Learning to Be, yakni memahami saat ini posisi mahasiswa saat ini sudah sebagai apa, dan juga harus sudah bisa mengubah mindset dan mental. Keempat, Learning to Live Together; yakni belajar bersosialisasi, dengan membangun teamwork di lingkungan kampus. 
 
"Saya berpesan agar Adik-adik bisa berlomba-lomba agar menjadi orang yang bermanfaat bagi sesama dan lingkungannya," tutur Aris.
 
Aris juga menyampaikan harapannya kepada Dosen di lingkungan Polteknaker, agar di dalam proses pembelajaran tidak hanya terfokus pada muatan muatan normatifnya saja.
 
"Ke depannya para dosen agar tidak hanya berikan muatan yang sifatnya normatif, melainkan muatan yang nantinya bersifat adaptif agar kedepannya para peserta didik Polteknaker siap memasuki pasar kerja," ujar Aris. (Red: Kendi Setiawan)
 

Baca Juga