IMG-LOGO
Lingkungan

Generasi Muda Perlu Diedukasi Manfaat Gambut

Selasa 9 April 2019 11:45 WIB
Generasi Muda Perlu Diedukasi Manfaat Gambut
Siak, NU Online
Kepala Sub Kelompok Kerja Edukasi, Sosialisasi dan Pelatihan pada Badan Restorasi Gambut (BRG) RI, Deasy Efnidawesty, menegaskan pentingnya generasi muda kenal dan memahami seluk-beluk gambut. Sebab gambut bukan lahan tidur yang tidak memiliki manfaat.  Sebaliknya,  gambut justru merupakan lahan yang kaya manfaat untuk kehidupan manusia.

“Jangan dikira gambut tidak punya manfaat,” tukasnya saat Sosialisasi Mengelola Lahan Gambut Tanpa Bakar di Pondok Pesantren Al-Muttaqin, Desa Jatibaru, Kecamatan Bungaraya, Kabupaten Siak,  Provinsi Riau, Senin (8/4).

Menurutnya, generasi muda perlu diberikan edukasi sejak dini terkait gambut, termasuk bagaimana mengelola gambut tanpa harus terjadi kebakaran.

"Diawali dengan cara cara pengolahan lahan tanpa bakar. Misalnya, pertama membuat pupuk secara alami dan yang kedua bagaimana membuat pestisida," kata Desy.

Ia menjelaskan, pupuk dan pestisida dari bahan gambut  dapat meningkatkan kualitas tanah, karena tanah gambut memiliki cairan asam yang mengakibatkan mudah menyerap dan mengeluarkan air. 

"Dengan mudah mengeluarkan air sangat rentan kekeringan,  nah kekeringan ini yang kita jaga agar kedepan kita melakukan berbagai upaya untuk mengantisipasi dampak buruk atas fenomena ini," lanjutnya. (Abdul Rahman Ahdori/Aryudi AR) 

Tags: