IMG-LOGO
Lingkungan

BRG Bakal Sosialisasikan Teknik Pertanian Gambut Tanpa Bakar di Pesantren

Senin 1 April 2019 22:00 WIB
BRG Bakal Sosialisasikan Teknik Pertanian Gambut Tanpa Bakar di Pesantren
Deputi Edukasi, Sosialisasi, Partisipasi dan Kemitraan BRG, Myrna A Safitri
Jakarta, NU Online
Badan Restorasi Gambut (BRG) merencanakan akan melakukan sosialisasi teknik pertanian gambut tanpa bakar dan pupuk kimia di pesantren. Hal ini akan mulai dilaksanakan pekan depan di Riau.

"Sedang diatur waktunya mudah-mudahan minggu depan sudah berjalan," kata Myrna A Safitri, Deputi Edukasi, Sosialisasi, Partisipasi dan Kemitraan BRG saat ditemui NU Online pada Rakernas dan Konsolidasi Petani dan Nelayan se-Indonesia di Hotel Grand Cempaka, Cempaka Putih, Jakarta, Senin (1/4).

Myrna mengungkapkan setidaknya ada dua alasan pesantren dipilih untuk terlibat dalam pertanian gambut ini. Pertama, katanya, pesantren merupakan lembaga pendidikan. "Sudah pada tempatnya membantu kegiatan edukasi seperti ini," jelas Myrna.

Di samping itu, Myrna juga berharap pesantren sebagai sebuah institusi pendidikan juga dapat berperan sebagai pusat perkembangan pertanian gambut.

"Kedua kami mengingingkan pesantren sebagai center of excellence untuk perkembangan pertanian gambut yang ramah lingkungan," terangnya.

Myrna juga berencana akan melakukan hal yang sama di tempat-tempat lain. "Kami akan lakukan di tempat lain, tapi sementara kita akan lakukan di Riau," pungkasnya. (Syakir NF/Muhammad Faizin)